Mengenal Ikan Palmas

Palmas merupakan ikan yang tergolong dalam Family Polypteridae(Bichir), artinya ikan bersirip banyak. Ikan ini termasuk ikan primitifdan sering disebut sebagai "snake like fish" (ikan mirip ular).Penyebaran adalah di Afrika Barat.

Palmas adalah ikan pemangsa(predator), carnivora. Ikan ini mempunyai kemampuan untuk mengambiludara dengan alat yang telah termodifikasi sedemikan rupa menyerupaiparu-paru, disamping itu ia mampu untuk merayap diatas tanah denganmenggunakan sirip dadanya yang kuat. Oleh karenanya dalam mememiharapalmas dianjurkan agar memberikan penutup yang baik untuk mencegah ikantersebut kabur. Palmas dapat dipelihara bersama-sama dengan ikangolongan Cichlidae yang memiliki ukuran lebih besar.

Panjang rata-rataikan palmas adalah 30 cm. Hidup pada kisaran pH 6.5 - 7, dan temperatur16-27 ° C. Sebagai carnivora, pakan utama palmas adalah pakan hidupberupa ikan kecil, atau daging-dagingan lain seperti daging udang ataudaging ikan.

Sejauh ini setidaknya diketahui ada 3 sub-species palmas yaitu:
  • Polypterus palmas palmas
  • Polypterus palmas polli
  • Polypterus palmas buettikoferi

Jenis kelamin

Jeniskelamin palmas dapat dibedakan dengan melihat lebar dari sirip anus.Sirip anus palmas jantan lebarnya hampir 2 kali lebar sirip anus palmasbetina.

Breeding

Pada masa breeding palmas jantan akan "memeluk"si betina, kemudian akan memproduksi sperma pada saat si jantan"menangkap" telur-telur yang dikeluarkan si betina. Setelah dibuahitelur-telur tersebut akan jatuh ke atas substrate akuarium. Padaumumnya telur-telur tersebut akan menetas dalam waktu 4 hari.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...